Probolinggo Kota 1000 taman


.


Kota Probolinggo, adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Terletak sekitar 100 km sebelah tenggara Kota Surabaya, Kota Probolinggo berbatasan dengan Selat Madura di sebelah utara, serta Kabupaten Probolinggo di sebelah timur, selatan, dan tengah. Kota ini juga terdapat pelabuhan perikanan yang cukup besar

Probolinggo terletak di pantai utara pulau Jawa, memiliki ketinggian ± 4 M. Kota Probolinggo memiliki sebutan kota Bayu Angga yang berarti Angin, Anggur dan Mangga.Probolinggo yang memiliki arti dalam bahasa Sansekerta Probo yang berarti Sinar, sedangkan Linggo yang berarti Tanda Peringatan atau Tugu. Probolinggo sering juga disebut kota seribu taman, karena banyaknya tanaman yang berjejer di Jalan – jalan pantura atau di manapun kita berada kita selalu melihat tanaman yang hijau dan indah. Memiliki 5 Kecamatan , yaitu Kecamatan Mayangan, Kecamatan Kanigaran, Kecamatan Kademangan, Kecamatan Wonoasih, Kecamatan Kedupok dan terdiri 29 Kelurahan.

Probolinggo memiliki Visi ”Terciptanya kota Probolinggo sebagai kota tujuan investasi dan kondusif, prospektif dan partisipatif”. Misi ”Terwujudnya masyarakat berakhlak mulia., mandiri, berkeadilan, sejahtera, berwawasan lingkungan” yang sepenuhnya mengutamakan pembangunan yang berkesinambuangan, terarah dan tepat sasaran.
BESTARI sering kita dengar di telinga kita yang berarti Bersih Sehat Tertib Aman Rapi Indah. Probolinggo Sering memenangkan Lomba lingkungan Salah Satunya adalah Lomba Adipura. Sudah tiga kali kota ini memenangkannya tahun 1997, 2007, dan 2008. Kemenangan ini tidak luput dari kerja keras para warga yang antusias merawat keadaan sekitar.
Objek pariwisata yang ada di Probolinggo, yaitu Wisata Air Terjun Madakalipura, Gunung Bromo, Candi Jabung, Pantai Bentar, Pelabuahan Tanjung Tembaga, Wisata Arum Jeram Songa. Dan tempat – tempat yang sering dikunjungi oleh warga kota Probolinggo adalah Taman Kota atau yang disebut Alun – alun, pasar gotong royong, RTH, Departement Store yang mulai berkembang, kolam renang Bayu Angga, Stadiun Bayu Angga, Terminal Bayu Angga, Masjid Agung yang berada di sebelah barat alun – alun kota Probolinggo.

Your Reply

Followers