Masjid Tiban, Masjid Unik


.


Diceritakan bahwa pembuatan masjid ini terjadi dalam waktu sekejap, seperti halnya cerita dalam pembuatan Candi Prambanan. Dari cerita itulah kemudian masjid ini diberi nama Masjid Tiban. Pada Masjid Tiban ini memiliki beberapa keunikan seperti adanya sebuah batu yang terdapat di halaman belakang yang konon dipercaya pernah menjadi tempat pertapaan Syekh Maulana.
Keunikan lainnya adalah terdapat sumur tua yang airnya dipercaya mengandung khasiat untuk penyembuhan segala macam penyakit dan mencari jodoh dengan cara diminum atau di pakai untuk mandi.
Lokasi Masjid Tiban ini sangat strategis karena berada di pinggir jalan utama kota, sehingga memudahkan bagi masyarakat lokal maupun luar daerah untuk singgah melaksanakan ibadah.
Banyak anggapan bahwa Masjid Tiban yang terletak di Pilang, Kota Probolinggo ke depan menjadi satu dengan Pulau Gili yang terletak di Pesisir Utara Kabupaten Probolinggo. Tetapi anggapan ini didiskusikan oleh sesepuh yang ada di Masjid Tiban. Dikatakan, keberadaan Masjid Tiban muncul selama sepersekian detik seperti dalam kisah Candi Prambanan di Yogyakarta.
Masjid Tiban telah terpisah unik yang di halaman belakang ada sebuah batu yang digunakan oleh Syaeh Maulana untuk bertapa. Dan pada siku Masjid ada sebuah sumur yang airnya mengandung banyak efek positif untuk penyembuhan segala macam penyakit. Bahkan ada yang juga menggunakannya untuk meminta pasangan oleh minum dan mandi dengan air ini. Pengunjung masjid ini dari berbagai daerah. Mereka biasanya datang pada malam Jum'at manis. Biasanya setelah Sholat dan berzikir, mereka mandi dari air masjid Tiban.

Your Reply

Followers