MAKAM KYAI DJOJOLELONO


.


Salah satu objek keagamaan di Kota Probolinggo adalah Makam Kyai Djoyolelono. Terlrtak di kecamatan Mayangan, kurang lebih 2 KM atau 10 menit dengan kendaraan pribadi dari pusat kota. Anda dapat mencapai objek tersebut dengan Becak atau Mobil Kuning. Kyai Djoyolelono merupakan Bupati pertama Probolinggo, yang hidup dari tahun 1746-1768. Bangunan sendiri di desain di tahun 1922, dengan memperhatikan nilai sejarahnya. Para peziarah datang ke makam tersebut untuk berdoa dan pengunjung di dominasi dari luar Kota Probolinggo, seperti Surabaya dan Lumajang. Objek ini sangat tepat untuk berdoa, dengan lingkungan alam yang tenang Menurut Bapak Sumowidodo, sebagai juru kunci menyebutkan bahwa makam tersebut biasanya dikunjungi oleh Bupati Probolinggo beserta stsfnya setiap tanggal 18 april. Dan biasanya perayaan diselenggarakan pada tanggal 7 dalam penanggalan Jawa atau pada saat Maulud.
Makam Joyolelono merupakan simbol perjuangan bagi Probolinggo, karena atas jasa dan dedikasinya yang tinggi dapat menjadikan Probolinggo berkembang pesat. Untuk itulah dengan mengunjungi Makam Joyolelono merupakan suatu bentuk penghormatan bahwa sebagai generasi penerus tidak pernah melupakan jasa-jasa para pendahulunya.

One Response to “MAKAM KYAI DJOJOLELONO”

  1. ABIE204 says:

    apa benar adik K, Joyolelono adalah Joko Doro yang memerintah di Kraksaan dan mantu dari putri selirnya namanya Gantiman/ bergelar Jogo Karyo

Your Reply

Followers